Apa itu Gold Loan dalam Pembiayaan Tambang? Inilah Penjelasan nya






Logam emas merupakan salah satu jenis logam yang memiliki nilai tinggi bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari emas digunakan sebagai alat investasi, perhiasan, perawatan gigi, dan bahan baku industri elektronika. Harga emas yang cukup tinggi beberapa tahun yang lalu dapat menghasilkan margin yang tinggi dan menjadi pemicu bagi investor untuk bergerak dibidang pertambangan emas. Untuk itulah diperlukan suatu model pembiayaan tambang yang efektif dalam memajukan industri ini.

Proyek pembiayaan Emas
Proyek pembiayaan dengan emas telah maju dengan pesat dan diaplikasikan pada beberapa sektor. Sama dengan proyek pembiayaan lainnya, asset yang dimiliki oleh suatu proyek penambangan dalam hal ini emas, merupakan jaminan bagi perusahaan dalam membayar pinjamannya. Hal ini diungkap Willet dengan analisanya yaitu analisa Willet membuktikan bahwa proyek pembiayaan tambang saat ini menjadi lebih marak dengan adanya model-model pinjaman yang dapat membuka jalan bagi usaha tambang untuk melanjutkkan pekerjaan nya baik itu berupa pinjaman bank (bank loan), pinjaman emas (gold loan), dan perjanjan pinjaman yang lain.

Perjanjian Dengan Gold Loan
Gold Loan adalah proyek pembiayaan dengan menggunakan emas sebagai alat peminjaman, perusahaan meminjam sejumlah emas dan berkewajiban untuk membayar beserta dengan biaya-biaya dan bunga yang sesuai dengan perjanjian peminjaman. Emas yang telah dipinjam lalu ditukar kedalam mata uang yang digunakan perusahaan tersebut untuk segera digunakan pada kegiatan penambangan. Pihak-pihak yang terlibat dalam Gold Loan ada dua yaitu peminjam dan pemberi pinjaman.

Peminjam
Peminjam dalam transaksi gold loan umumnya berupa perusahaan tambang yang berukuran kecil sampai dengan medium, dengan aktivitas pada tingkat eksplorasi mineral yang memiliki sumber pendanaan dari saham yang telah go public.
Alasan utama dari peminjam untuk melaukan Gold Loan adalah untuk memperoleh dana yang cukup agar dapat menutupi seluruh biaya yang diperlukan pada perkembangan proyek, dan untuk mengurangi resiko-resiko yang muncul pada proyek penambangan emas sehubungan dengan harga emas di pasaran.

Pemberi Pinjaman
Pada dasarnya Gold Loan membutuhkan kerjasama dari dua buah pembiaya, yaitu :
- Bullion Hause, yaitu pihak yang menawarkan pendanaan dengan gold loan kepada calon peminjam.
- Bank, yaitu pihak yang menjamin pembayaran emas kepada bullion hause dan berhak mengambil tindakan yang penting demi keamanan perjanjian.
Tujuan utama pemberi pinjaman untuk mencapai kesuksesan pada perjanjian ini adalah dengan menggunakan seluruh jalan yang dimiliki seaman dan seuntung mungkin. Emas yang dipinjamkan kepada peminjam dapat bersumber dari persediaan, emas pribadi, deposit emas, hasil dari kerjasama pasar, dan hasil dari transaksi pasar lainnya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment