The Vitruvian Man

Hai kawan-kawan. Kamu tau gak siapa itu Vitruvian Man? Kalian belum tau ya? Mungkin kalian ada juga yang udah tau. Oke, sekarang saya akan kasih tau siapa dia. Mungkin kalau kalian melihat gambar dibawah ini, kalian bakal inget. Pasti kalian pernah sekedar melihat gambar ini walaupun kamu ngga tau apa arti gambar nya dan siapa sih yang membuat gambar fenomenal ini.


Salah satu lukisan lain yang paling terkenal, selain "Monalisa" adalah "Vitruvian Man. Lukisan tersebut dibuat oleh Da Vinci sekitar tahun 1942 sebagai salah satu jurnal nya. Gambar asli ini sekarang disimpan di Gabinetto dei disegni e stampe of the Gallerie dell'Accademia, Venice, Italia.

Nama Vitruvian berasal dari nama seorang arsitek dan insinyur militer Romawi, Markus Vitruvius Pollio yang hidup kurang lebih 100 tahun sebelum masehi. Ternyata dia adalah seorang arsitektur klasik yang melegenda di seluruh dunia dan karyanya sangat mempengaruhi peradaban manusia. Sebagian besar buku yang ia tulis berhubungan dengan bangunan dan arsitektur.

"Vitruvian Man" adalah sketsa detail tubuh manusia yang digambar di tengah-tengah persegi empat dan lingkaran. Lengan pria tersebut terentang dan kakinya berada di dua posisi, menunjukkan seberapa jauh rentang geraknya. Lengan dan kakinya menyentuh pinggiran dari segi empat dan lingkaran itu. Sketsa manusia ini juga disebut-sebut sebagai model manusia sempurna.

Gambar ini menjelaskan korelasi proporsi manusia yang ideal dengan geometri (Lingkaran dan Persegi) yang sebelumnya dijelaskan oleh arsitek Romawi kuno, Vitruvius. Vitruvius menggambarkan sosok manusia sebagai sumber utama proporsi antara perintah klasik arsitektur. Vitruvius menentukan tubuh ideal manusia Harus delapan kali panjang kepala.

Kemudian dalam sketsa itu Leonardo mempertimbangkan ukuran tubuh manusia dan hubungannya dengan geometri dan tulisan-tulisan dari perancang bangunan Romawi kuno Vitruvius.

Manusia proposinonal ini ternyata mengikuti aturan Golden Ratio. Lukisan tersebut merefleksikan perpaduan antara seni dan ilmu pengetahuan. Konon, semua dialam semesta ini mengikuti aturan Golden Mean Ratio ini, oleh karena itu disebut God's Geometry.

Kembali ke konsep sosok fisik manusia ideal yang tergambar dalam lukisan Vitruvian Man, berikut ini adalah beberapa proporsi yang juga banyak diajarkan di sekolah-sekolah seni.

Tubuh
     Tinggi tubuh manusia ideal kurang-lebih sama dengan 8 kali ukuran panjang kepalanya, atau 8 kali jarak dari siku ke ujung ketiak. Proporsinya adalah sebagai berikut:

  1. kepala
  2. dagu (ujung kepala) hingga ke bagian tengah dada (kira-kira pada posisi puting payudara perempuan)
  3. bagian tengah dada hingga ke pusar
  4. pusar hingga ke selangkangkan
  5. selangkangan hingga ke bagian tengah paha
  6. bagian tengah paha hingga ke bagian bawah lutut
  7. bagian bawah lutut hingga ke bagian tengah tulang kering
  8. bagian tengah tulang kering hingga ke tapak kaki.

  • Tinggi tubuh manusia kurang lebih sama dengan 10 kali panjang jengkalan tangannya.
  • Posisi selangkangan kurang lebih adalah titik tengah dari tinggi manusia dewasa
  • Panjang bentangan lengan seseorang kurang lebih sama dengan lebar panggulnya.
  • Panjang bentangan kedua lengan, dari ujung jari paling kiri ke ujung jari paling kanan sama dengan tinggi tubuh.
  • Panjang tapak kaki seseorang sama dengan panjang lengan bagian bawahnya.
  • Lebar maksimum bentangan dada seseorang kurang lebih sama dengan seperempat tinggi tubuhnya.
  • Lebar telapak tangan kurang lebih sama dengan 4 jari.
  • Panjang kaki seseorang kurang lebih sama dengan 4 kali lebar tapak tangannya.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment