Fungsi Gerakan Shalat Untuk Kesehatan




Hai sahabat blogger, bagi kamu yang seorang Muslim tentu pernahkan mendengar manfaat dari gerakan-gerakan selama kita shalat?
Kita sebagai muslim wajib melakukan shalat lima waktu. Setiap shalat pastilah kita melakukan berbagai gerakan mulai dari takbiratul ihram sampai diakhiri salam.

Ternyata shalat tidak hanya menjadi amalan untuk diakhirat tetapi juga berguna untuk kesehatan dan dari sisi medis ternyata shalat juga merupakan obat dari berbagai macam penyakit

Tapi tahukah kamu apa saja manfaat yang kita dapatkan saat sedang shalat?
Sebagian mungkin sudah ada yang tahu tetapi sebagian besar masih belum mengetahui manfaatnya.

Berikut manfaat gerakan shalat untuk kesehatan :

1. Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram adalah gerakan pertama dalam shalat yaitu dengan berdiri tegak dengan mengangkat kedua tangan sejajar telinga lalu mendekap nya didepan perut atau bagian bawah dada.

Manfaat nya adalah melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke s! eluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

2. Rukuk
Gerakan rukuk ialah saat posisi tulang belakang ata punggung menunduk lurus bahkan bila segelas air ditaruh diatas punggung tidak akan tumpah jika posisi nya benar. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang

Manfaat nya menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot – otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

3. Itidal
Gerakan Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.

Manfaat nya baik untuk pencernaan. Organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Sujud
Gerakan dengan meletakkan tangan disamping kepala, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai

Manfaat nya aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisamengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa – gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

5. Duduk
Dalam sholat terdiri dari dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. 


Sedangkang Duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia.



6. Salam
Salam merupakan gerakan terakhir dalam shalat yaitu memutar kepala pertama kali ke kanan kemudian ke kiri secara maksimal

Manfaat nya adalah merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. 


Nah itulah berbagai manfaat yang bisa kita dapat selama kita melakukan shalat. Bahkan sudah ada penelitian yang mengungkap saat sujud dapat meningkatkan kecerdasan kita. Sungguh luar biasa bukan? Sungguh Maha besar Allah dengan segala firmannya.

Sudah tahu kan manfaat nya? Jadi jangan tinggalkan shalat ya kawan. Terus tingkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Thanks for your comment